Manfaat Bangun Pagi


Ada beberapa orang yang terbiasa masuk kerja siang hari atau yang tidak terbiasa bangun pagi. Dikarenakan tidur yang terlalu malam, kerja di malam hari, begadang atau di pagi hari yang masih dingin udaranya membuat masih malas untuk bangun. Padahal, bangun di pagi hari memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan. Berikut ini manfaat bangun pagi:

1.    Lebih Bahagia
Dengan bangun pagi, akan membuat mood seseorang lebih bahagia secara umum di pagi hari. Penelitian menunjukkan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak muda, karena mereka lebih sering bangun pagi. Sementara itu, anak-anak muda dan orang dewasa yang sering bermain hingga larut malam atau bekerja, dan jarang bangun pagi akan memiliki mood yang kurang baik setiap harinya.

2.    Mental Lebih Sehat dan Positif
Bagi yang rajin bangun pagi, akan memiliki mood yang lebih baik dan juga mental yang lebih optimis serta lebih mudah merasa puas. Sementara itu, bagi orang yang biasa bangun di malam hari serta tidur di pagi hari, akan memiliki mood yang negatif seperti depresi dan pesimis.

3.    Membuat Lebih Sukses
Penelitian di Texas University pada tahun 2008 menemukan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi pada GPA mereka dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

4.    Lebih Produktif
Dengan bangun pagi dapat membuat orang menjadi lebih produktif dikarenakan, orang yang bangun pagi memiliki waktu untuk menyiapkan pekerjaan, sedangkan orang yang tidak bangun pagi akan tergesa-gesa dalam menyiapkan pekerjaannya. Orang yang bangun pagi memiliki waktu hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi. Penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun pagi memiliki energi yang lebih banyak.

5.    Tubuh Lebih Sehat dan Bugar
Dengan bangun lebih pagi, akan membuat orang lebih bersemangat untuk olahraga dan menghirup udara yang masih segar, masih terbebas dari pencemaran udara. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Kebanyakan orang yang sukses memiliki kebiasaan bangun pagi. Olahraga dan menghirup udara yang segar di pagi hari dapat meningkatkan mood dan memberikan energi untuk beraktifitas.

Tidak semua orang dapat bangun pagi dikarenakan beberapa hal, tetapi sebaiknya usahakan dan biasakan untuk bangun pagi agar manfaat bangun pagi seperti yang telah dibahas di atas dapat Anda peroleh.

0 komentar:

Posting Komentar