Pengertian Sistem Operasi


Dalam ilmu komputer, sistem operasi atau dalam bahasa inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, scheduling task dan user interface. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu sistem operasi.

Perkembangan jenis sistem operasi yang biasa digunakan, antara lain: POSIX, UNIX, MS DOS, MS Windows, LINUX, APPLE, dll. Dari beberapa jenis tersebut terbagi menjadi dua kelompok sistem operasi yaitu:
1.    Sistem operasi yang interface (kontak) dengan user (pengguna) yaitu berbasis teks yaitu menjalankan perintah-perintah operasi dengan teks, kelompok ini antara lain, MS-DOS, POSIX, LINUX
2.    Sistem operasi yang ada juga kontaknya dengan pengguna menggunakan GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows dan Linux (LINUX bisa berbasis teks dan berbasis GUI). Pada sistem ini user dapat berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar atau simbol-simbol, tentu hal ini akan lebih memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna. Itulah sebabnya mengapa sistem operasi yang berbasis GUI seringkali disebut user friendly.

0 komentar:

Poskan Komentar